5K - Kunci Dari Keberhasilan Dan Kesuksesan

brokerbanker.com

5K - KUNCI DARI KEBERHASILAN DANKESUKSESAN - Ada seorang janda beranak tiga yang berhasil membangun jaringan toko roti yang besar, ia ingin ketiga anaknya bisa meneruskan dan membesarkan lagi apa yang telah diraihnya ini dengan cara menyekolahkan anak-anaknya dibeberapa perguruan tinggi terbaik. Masing-masing anaknya disekolahkan di perguruan tinggi dengan jurusan berbeda yang nantinya bisa menopang perusahaan roti miliknya itu, mulai dari keuangan, managemen bisnis, hingga tekhnologi industri makanan. Tetapi ketika si ibu sudah menyerahkan perusahaannya kepada ketiga anaknya, jaringan toko roti tersebut malah mati. Mengapa ini bisa terjadi?

Dimasing-masing perguruan tinggi tempat anaknya menuntut ilmu tersebut, sebagaimana perguruan tinggi pada umumnya tidak mengajarkan hal-hal yang membuat toko si ibu bisa tumbuh besar seperti sebelumnya. Apakah gerangan yang dimiliki si ibu yang tidak diajarkan oleh perguruan tinggi ini?

Kami menyebutnya 5K

K yang pertama adalah Karakter

Sesuatu yang unik yang terbentuk di lapangan bersamaan dengan diimplementasikannya visi, misi, strategi, operasionalisasi dan budaya yang dibangun si ibu untuk jaringan toko rotinya.

K yang kedua adalah Komitmen

Menyangkut keseriusan si ibu dalam memenuhi harapan para pembeli rotinya, komitmen bisa diwujudkan dalam standar ukuran rasa, ketersediaan, harga, dan lain-lain. Dengan komitmen inilah misalnya para pelanggan bisa yakin bahwa jika membeli roti dari si ibu pasti enaknya, pasti ukurannya, pasti harganya, dan pasti ketersediaannya.

K yang ketiga adalah Keyakinan

Dengan inilah si ibu melangkah diawal usahanya. Ia yakin rotinya enak, dia yakin diluar sana orang lain akan menganggap rotinya enak, dia yakin orang-orang akan membelinya, dan dia yakin harga rotinya wajar, sehingga para pembeli bisa memperoleh value for money dari rotinya tersebut.

K yang keempat adalah Kepatutan

Ini bukan masalah benar atau salah, tetapi patut atau tidak patut. Kepatutan adalah memberi sesuai kebutuhan dan meletakkan sesuatu pada tempatnya. Dengan kepatutan inilah si ibu melayani pelanggannya, menentukan ukuran roti, menentukan harga, kemasan dan sebagainya.

Dan K yang kelima adalah Keberanian

Dari sinilah si ibu memulai usahanya, yaitu mulai dari keberanian untuk memulai. Sekali melangkah dengan keberanian, si ibu cenderung akan memiliki keberanian untuk meneruskan langkah-langkah berikutnya. Orang yang memiliki keberanian adalah orang yang bisa sampai kemana saja, sebaliknya orang yang tidak memiliki keberanian tidak akan bisa kemana-mana.

Dimana kita bisa belajar tentang lima K tersebut?

Yang jelas bukan diperguruan tinggi, tetapi bukan berarti perguruan tinggi menjadi tidak perlu, hanya saja tidak cukup. Demikian pula ilmu-ilmu kehidupan perlu kita pelajari, tetapi ilmu saja tidak cukup. Ulama terdahulu memberikan panduan “belajarlah ilmu yang menjadi dasar amal” maka seperti yang dilakukan oleh si ibu tadi, tentu pada awalnya dia belajar ilmu tentang bagaimana cara membuat roti, tetapi amal dialah yang kemudian menjadikan rotinya enak, unik, dan menemukan penggemarnya sendiri.

Seandainya si ibu hanya belajar membuat roti, tetapi tidak membangun amal yang kemudian menjadikannya memiliki skill atau keterampilan membuat roti yang enak, maka dari awal toko rotinya juga tidak akan bertahan lama. Ketiga anaknya memiliki ilmu yang cukup, tetapi gagal meneruskan dan membesarkan toko rotinya dikarenakan si anak hanya memiliki ilmu, tetapi tidak berhasil membangun yang membuat mereka memiliki lima K seperti yang dimiliki oleh ibunya.

Barangkali karena ketiadaan pendidikan dan pelatihan 5K ini pula yang membuat Negara ini seperti kondisi sekarang. Negeri dengan sumber daya alam terbaik dan perguruan tinggi pertanian terbaik, tetapi neraca perdagangan pangan kita malah defisit 9,2 Milliar USD. Kita juga memiliki perguruan tinggi ekonomi terbaik, tetapi dengan standar kemiskinan 2 USD per-hari, hampir separo penduduk kita berada dibawah garis kemiskinan. Dan kita juga memiliki perguruan tertinggi tekhnologi terbaik, tetapi setelah 67 tahun paska kemerdekaan sebagaian besar produk tekhnologi yang kita pakai masih harus diimpor, mulai dari kendaraan, mesin industri, sampai mainan anak.

Konon Negeri ini akan menjadi Negara dengan kekuatan ekonomi besar ke 7 di Dunia pada tahun 2030, tetapi ini semua hanya akan terjadi bila kita bisa menumbuhkan tenaga terampil yang mampu meningkatkan produktivitas rata-rata kita 60 % diatas rata-rata saat ini.

Untuk meningkatkan ekonomi Negara ini yang dibutuhkan adalah sama dengan si ibu yang ingin membesarkan toko rotinya yaitu 5K. Keterampilan atau skill yang berasal dari ilmu yang menjadi dasar amal, atau amal yang didasari oleh ilmu. Bila itu semua belum bisa diberikan oleh kebanyakan perguruan tinggi terbaik kita, maka memang perlu segera dicarikan jawaban atau solusinya. Agar tidak lagi sebagian penduduk Negeri ini jatuh dibawah garis kemiskinan, agar kita berhenti menggantungkan kebutuhan pangan kita pada impor dari Negeri lain, agar kita mampu memproduksi produk-produk berbasis tekhnologi yang semakin banyak kita perlukan

Muhaimin Iqbal
Gedi.tv



Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Hannah
admin
16 April 2020 at 12:14 ×

"Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
minimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

Wa :+855964967353
Line : arena_01
WeChat : arenadomino
Yahoo! : arenadomino"

Congrats bro Hannah you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

diharapkan kritik dan sarannya yang bisa membangun untuk menjadi lebih baik lagi. Terimakasih... Salam Sukses... :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment