Lebih Baik Pilih Bisnis Offline atau Bisnis Online?

Memilih Bisnis Offline atau Bisnis Online
Sumber : digitalmarketer.id


Memilih Bisnis Offline atau Bisnis OnlineWalaupun saya sangat senang dan passionable pada dunia online, tetep saja ketika saya ingin memulai bisnis saya suka kebingungan apakah harus buka bisnis online atau offline.
Pada kenyataannya sih saat ini banyak orang telah memulai bisnis online, tak peduli siapa dan bagaimana latar belakangnya, karena menurut mereka bisnis online dengan mudah bisa dilakukan di mana saja. Selain itu juga dengan berbisnis online katanya kita bakal mendapatkan keuntungan yang lebih besar yang gak ditawarkan oleh bisnis offline. Serta diperkuat lagi menurut data pun prospek e-commerce pada 2015 cukup menjanjikan dengan pertumbuhan sekitar 60%-70% .
Tentunya dengan persentase tersebut merupakan angka yang cukup besar bagi perkembangan bisnis online di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang yang mempunyai bisnis offline mulai mengembangkan bisnisnya di ranah online. Inilah yang kadang membuat saya dilema, soalnya dengan banyaknya pengusaha yang mengembangkan bisnisnya ke dunia online, untuk saya yang baru memulai bisnis pun makin kesulitan dengan banyaknya persaingan.
Sebenarnya ada beberapa hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu perbedaan antara bisnis online dan bisnis offline, sehingga akan memudahkan kita dalam menangkap peluang untuk kesuksesan bisnis kita.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Offline

Keuntungan Bisnis Offline : 
Yang paling mendasar dengan adanya bisnis offline tingkat kepercayaan customer kepada kita akan semakin tinggi.
Customer cenderung akan menuju toko offline jika mereka menyukai sesuatu yang ditampilkan pada etalase toko, terlebih jika toko offline tersebut dekat dengan tempat tinggal mereka. 
Kerugian Bisnis Offline
Sebuah usaha tentu akan mengalami pasang surut atau bahkan mungkin bangkrut. Dengan adanya toko offline kerugianpun akan semakin besar, dikarenakan kemungkinan kita  harus membayar biaya operasional, gaji karyawan, sewa ruko/bangunan, dan lain-lain.
Bagi kita yang memiliki modal kecil tentunya dengan membuat bisnis offline kita akan kesulitan dalam memulainya, karena harus ngurusin ini itunya terlebih dahulu.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Online

Keuntungan Bisnis Online
Bisnis online bisa dilakukan dimanapun kita berada, bahkan jika kita berada di tempat terpencil atau tengah hutan pun jika masih ada jaringan internet kita bisa melakukan bisnis online
Dengan modal sebesar atau sekecil apapun kita tetap bisa memulai bisnis online
Bisnis online tergolong sangat mudah untuk dipelajari, tanpa memandang latar belakang kita apa, asal kita mau nekad, gigih untuk menekuninya kita pasti sukses dalam berbisnis online tersebut.
Kerugian Bisnis Online
Karena keterbatasan jarak atau keterbatasan modal sehingga tidak adanya bentuk fisik dari bisnis ini, maka kepercayaan customer yang harus kita bangun terlebih dahulu dan ini akan membutuhkan waktu lama apalagi bagi kita yang baru terjun pada bisnis online.
Dari beberapa keuntungan dan kerugian yang telah teruraikan diatas, tentu yang paling mudah dan menguntungkan adalah bisnis online, lebih bagus lagi jika kita punya offlinenya juga. Namun, apabila hanya mengandalkan bisnis offline saja untuk berkembangkan kita akan kesusahan, karena yang saat ini merajai dunia adalah dunia informasi atau dunia online. Ditambah lagi ada sebuah quote dari salah satu orang terkaya di dunia yang mengatakan bahwa
“apabila bisnis anda tidak terdapat pada internet maka Anda akan kehilangan bisnis Anda”
Kurang lebih seperti itu quote-nya, dan quote tersebut di ungkapkan oleh pendiri Microsoft yaitu Bill Gates.
Naahh sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan Bisnis offline kita ke online
Untuk pembahasan ini kita langsung ke artikel berikutnya, Trimakasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini.


Previous
Next Post »

diharapkan kritik dan sarannya yang bisa membangun untuk menjadi lebih baik lagi. Terimakasih... Salam Sukses... :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment