Tips Mengembangkan Bisnis Offline Kebisnis Online

Tips Mengembangkan Bisnis Offline ke Bisnis Online
Sumber : digitalmarketer.id


Tips Mengembangkan Bisnis Offline ke Bisnis Online – Bagi kita yang sudah terjun lama pada dunia bisnis offline tentunya kita akan sangat ingin mengembangkan bisnis tersebut agar lebih mendapatkan hasil yang memuaskan lagi. Nah salah satu cara mengembangkan bisnis offline yang sedang kita geluti ini adalah dengan mengembangkannya ke ranah online. Kenapa harus ke ranah online? Karena seperti alasa-alasan sebelumnya pada artikel Memilih Bisnis Offline Atau Bisnis Online salah satu alasannya bisnis online ini memiliki jangkauan pasar yang sangat luas.  
Berikut ini ada beberapa tips yang harus kita perhatikan dan kita tekuni agar terbiasa dan mahir berbisnis online :
Pertama, Paksakan Diri Kita untuk Suka Menulis
Biasanya hal ini menjadi boomerang bagi kita yang sama sekali tidak ada skill dalam bidang tulis menulis. Namun, jika kita sunggung-sungguh ingin mengembangkan bisnis offline kita ke ranah online kita harus bisa untuk memakasakan… memaksakan.. dan memaksakan. Karena, seni mengajak (persuasi) melalui rangkaian kata-kata ini sangat diperlukan dalam bisnis online, tentunya bahasa kita untuk menarik pelangganpun harus berbeda dengan bisnis offline yang face to face. Tapi, jika tidak memiliki banyak waktu untuk tulis menulis kita bisa memperkerjakan seorang editor atau copy writer yang sudah mahir dalam bidang tulis menulis, tentunya kita akan memerlukan biaya tambahan untuk membayar jasanya.
Kedua, Selalu Lakukan Perbaikan
Memiliki bisnis online sama halnya dengan memiliki bisnis offline, dimana bisnis offline harus selalu melakukan perbaikan dalam bentuk tampilan atau manajemen dan lain-lain. Begitu juga pada bisnis online, terlebih jika memiliki sebuah website untuk bisnis online kita, kita harus selalu siap sedia dalam mengatasi masalah server. Namun, kejadian ini jarang terjadi apabila kita memilih hosting yang handal, sementara perbaikan-perbaikan lain dalam pelayanan atau promosi tetap harus di lakukan.
Ketiga, Tetap Perhitungkan Masalah Biaya
Bisnis offline maupun bisnis online semuanya memerlukan biaya, namun biasanya biaya bisnis online lebih sedikit jika dibanding bisnis offline. Biaya awal yang harus dikeluarkan pada bisnis online adalah pada pembelian domain dan hosting, dan itu biasanya dilakukan setiap setahun sekali. Namun biaya lainnya apabila kita menggunakan jasa orang lain dalam pembuatan website kita tentunya harus mengeluarkan dana untuk pembentukan website tersebut. Setelah itu, biaya lain yang harus dikeluarkan adalah biaya untuk iklan bisnis online kita, missal biaya iklan pada sosial media seperti FB Ads, Twitter Ads dan lain-lain.
Keempat, Kita Harus Siap untuk Bisa Beroperasi 24 Jam
Tidak seperti halnya toko offline yang biasanya hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk beroperasi bahkan ada juga yang saat weekend tidak beroperasi, dengan berbisnis online karena sifatnya lebih fleksibel,  kapan pun ada order dari customer maka kita harus siap untuk melakukan respon orderan tersebut. Dengan kita melakukan respon yang sangat cepat, tentunya ini akan membuat traffic bisnis online kita semakin tinggi, karena kemungkinan customer akan merekomendasikan bisnis kita.
Nah sekarang, agar bisnis offline dan online kita bisa berjalan dengan baik, alangkah baiknya kita mengombinasikan teknik pemasaran keduanya.  Karena ada beberapa alasan mengapa bisnis offline akan lebih sukses dengan bantuan bisnis online. Berikut beberapa alasan tersebut :
-     Bisnis offline bisa didukung dengan atau oleh pemasaran online. Dengan ini jangkauan pasar kita akan semakin luas. Misalanya dengan melakukan iklan online, promosi diskon di sosial media, dan memberikan edukasi di blog atau website serta sosial media yang kita miliki, maka akan lebih banyak menarik pelanggan yang lebih potensial lagi.
-   Dengan membuat acara offline, maka akan memberikan konten yang lebih berkualitas lagi pada pemasaran online kita. Misalnya, pada acara offiline yang kita selenggarakan, kita bisa melakukan dokumentasi kegiatan produksi atau event-event hiburan, sehingga pelanggan akan semakin percaya pada bisnis yang kita miliki, serta dengan banyaknya orang yang berkomentar pada website  kita, traffic bisnis online pun akan semakin tinggi.  
-    Dalam melakuan kegiatan offline, kegiatan tersebut akan lebih sukses dengan melakukan pemasaran di online. Misalnya, kita ada diskon khusus untuk toko offline kita, dengan memasarkannya di online, customer pun akan berbondong-bondong datang ke toko offline kita.
Tips-Tips Cara Memaksimalkan Kegiatan Bisnis Offline dan Bisnis Online
-    Utamakan loyalitas pada customer kita. Biasanya customer yang penasaran dengan produk kita mereka akan bertanya langsung melalu telepon, email, atau melalui sosial media yang kita miliki. Naah pastikan agar kita tetap menanggapi dengan baik semua pertanyaan ataupun keluhan-keluhan mereka
-    Promosikan acara offline kita seperti diskon, event hiburan, dan lain-lain melalui media online kita. Ini merupakan langkah yang paling jitu untuk membuat bisnis kita berkembang
-    Usahakan untuk memberikan sentuhan pribadi dalam melakukan komunikasi dengan customer. Untuk itu, biasakan agar setiap pertanyaan-pertanyaan customer langsung kita jawab tanpa menggunakan konten responder dengan mesin otomatis
-    Gunakan fitur live chat pada website kita, hal ini akan lebih efektif melakukan sentuhan pribadi dengan customer dibandingkan melalui email.
-   Tambahkan konten video pada website atau blog kita, baik video yang bersifat edukatif ataupun kelebihan dari produk yang kita jual. Lalu, hubungan dengan media sosial yang kita miliki aagar mendapatkan respons untuk meningkatkan traffic website bisnis online kita.
-    Lakukan kuis atau contest berhadiah pada website kita. Biasanya, dengan adanya contest berhadiah customer akan  lebih antusis dalam mengunjungi website kita, dengan ini traffic website kita akan ikut naik.
Kesimpulannya, baik bisnis offline ataupun bisnis online mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika kita sudah memiliki bisnis offline akan lebih baik jika kita kembangkan pada bisnis online, begitu juga sebaliknya.
Demikian share ini saya buat, semoga kamu tidak galau lagi dalam memilih bisnis yang akan kamu geluti. Dari pada galau mendingan segera Take Action..!!! hehe

Salam keren dan salam sukses :) 



Sumber : digitalmarketer.id


Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
EKA.PW
admin
18 September 2015 at 19:36 ×

Awal dulu waktu bangun web putraeka.org saya mengadakan kontes berhadiah vcc. Lumayan juga hasilnya, promosi gratis dan backlink gratis

Reply
avatar
Unknown
admin
21 September 2015 at 17:40 ×

Tipsnya keren, Mas ! :)
mulaiAction, hehe

Reply
avatar
Unknown
admin
3 October 2015 at 13:31 ×

mantap mas eka :)

Reply
avatar
Unknown
admin
3 October 2015 at 13:35 ×

always action om :D

Reply
avatar
Hannah
admin
16 April 2020 at 12:13 ×

"Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
minimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

Wa :+855964967353
Line : arena_01
WeChat : arenadomino
Yahoo! : arenadomino"

Reply
avatar

diharapkan kritik dan sarannya yang bisa membangun untuk menjadi lebih baik lagi. Terimakasih... Salam Sukses... :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment